3576.jpg

Dry Needling

Dry needling adalah metode rehabilitasi medis menggunakan jarum padat untuk relaksasi pada otot, meningkatkan Range Of Motion, kualitas pergerakan pada sendi dll. 

 
3576.jpg

Dry needling adalah metode rehabilitasi medis menggunakan jarum padat untuk relaksasi pada otot, meningkatkan Range Of Motion, kualitas pergerakan pada sendi dll. Dry needling ini teknik pengobatan berbasis neurophysiological, manual assessment dan system neuromuscular.

Cara pengerjaan dry needling ini cukup sederhana namun harus dilakukan oleh praktisi rehabilitasi yang kompeten. Karna praktisi harus menemukan titik trigger point masing masing otot sesuai dengan keluhan pasien dan hasil assessment. Setelah itu jarum akan di masukkan kedalam otot yang memiliki trigger point. Pasien akan merasakan LTR (local twitch respon)/muscle dancing pada daerah trigger point yang release.

The American Academy of Orthopedic Manual Physical Therapists (AAOMPT) menyatakan

" Dry needling is a neurophysiological evidence-based treatment technique that requires effective manual assessment of the neuromuscular system. Physical therapists are well trained to utilize dry needling in conjunction with manual physical therapy interventions. Research supports that dry needling improves pain control, reduces muscle tension, normalizes biochemical and electrical dysfunction of motor end plates, and facilitates an accelerated return to active rehabilitation"

3560_edited.jpg

Benefit 

Setelah sesi Dry Needling, tubuh akan merasakan sedikit pegal pada bagian otot yang diterapi. Itu semua karena trigger point yang release tidak diketahui sudah berapa lama menahan serabut otot untuk tidak bergerak. Namun rasa pegal tersebut tidak berbahaya, melainkan memberikan tanda kepada tubuh untuk menggerakan otot tersebut sesuai dengan fungsinya. Semakin kita banyak bergerak fungsional akan semakin cepat proses recovery otot.

Adapun Dry Needling ini cocok untuk melepas ketegangan otot dan membantu proses penanganan & pemulihan nyeri, mobilitas, cedera olahraga, dan keluhan fisik lainnya

Saat ini banyak aktivitas yang menuntut untuk duduk dihadapan komputer berjam-jam, meeting dengan durasi yang lama, hal ini menyebabkan kekakuan hingga nyeri tak tertahankan. Salah satu penyebabnya adalah otot terlalu banyak memiliki trigger point. Trigger point ini terbentuk akibat kita lama berdiam pada satu posisi atau otot memikul beban yang berlebihan lalu melakukan gerakan yang berulang. Dry Needling adalah salah satu solusi untuk mengatasi keluhan tersebut.

 

Dr Tinah Tan

Citylife Sehat

  • YouTube
  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Twitter Icon