top of page
  • Fey

Kapan saya harus menggunakan kompres panas atau es untuk cidera?

Diperbarui: 6 hari yang lalu

Kadang-kadang membingungkan harus menggunakan kompres panas atau es saat mengobati otot yang sakit atau cedera. Namun ingat fakta-fakta berikut ini:

Panas dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke area tubuh. Biasanya lebih baik untuk kaku pagi atau untuk memanaskan otot sebelum aktivitas. Dingin dapat mengurangi aliran darah, mengurangi peradangan dan nyeri. Biasanya lebih baik untuk nyeri jangka pendek, seperti dari cedera olahraga.


Terapi panas lebih baik untuk: nyeri kronis, ketegangan otot, dan kekakuan. Ini membantu untuk merelaksasi otot, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi kekakuan.

  • Terapi dingin lebih baik untuk: cedera akut, peradangan, dan pembengkakan. Ini membantu untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan nyeri.

  • Terapi panas tidak boleh digunakan pada cedera akut, karena dapat meningkatkan peradangan dan menunda proses penyembuhan.

  • Terapi dingin tidak boleh digunakan pada nyeri kronis atau kondisi yang menyebabkan ketegangan otot, karena dapat memperburuk kekakuan otot dan meningkatkan nyeri.

  • Durasi perawatan harus dipertimbangkan saat menggunakan terapi panas atau dingin. Terapi panas biasanya diterapkan selama 15-20 menit, sementara terapi dingin biasanya diterapkan selama 10-15 menit.


kompres panas


Terapi panas dapat digunakan untuk meningkatkan aliran darah ke area tertentu, yang dapat membantu mengurangi kekakuan dan kram otot. Ini sangat berguna untuk mengobati nyeri kronis, ketegangan otot, dan kekakuan. Namun, penting untuk diingat bahwa terapi panas tidak boleh digunakan dalam 48 jam pertama setelah cedera.


"Kompres panas dapat meningkatkan aliran darah dan membantu otot untuk merelaksasi. Digunakan untuk nyeri kronis."

Kompres Dingin


Kompres dingin dapat mengurangi aliran darah ke area cedera. Hal ini memperlambat tingkat peradangan dan mengurangi risiko pembengkakan dan kerusakan jaringan.

Ini juga dapat mengurangi sensasi pada jaringan yang sakit, berfungsi sebagai anestesi lokal, dan memperlambat pesan nyeri yang diteruskan ke otak.

Es dapat membantu mengobati sendi atau otot yang bengkak dan meradang. Ini paling efektif dalam 48 jam setelah cedera.

Rest, ice, compression and elevation (RICE) adalah bagian dari perawatan standar untuk cedera olahraga.


"Kompres dingin dapat membantu dalam kasus: osteoarthritis, cedera baru, gout, cedera otot tendinitis atau iritasi pada tendon setelah aktivitas."

Apa pun yang Anda gunakan, kompres panas atau dingin, pastikan untuk melapisinya dalam handuk tipis untuk membantu melindungi kulit Anda.

Aplikasikan pada area yang sakit selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

Setelah kompres panas atau dingin, Anda mungkin akan melihat kulit Anda terlihat sedikit lebih merah. Itu normal, tapi biarkan kulit Anda kembali ke warna dan suhu normal sebelum menerapkan es atau panas yang baru


Jadwalkan sesi Anda dengan Kami


Di Citylife Sehat , kami menyediakan perawatan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi nyeri yang disebabkan oleh cedera. Kami juga dapat memberikan saran tentang kapan harus menggunakan kompres panas atau dingin sesuai dengan jenis cedera yang Anda alami. Jangan ragu untuk mengunjungi kami jika Anda merasa bingung tentang jenis terapi yang harus digunakan. Hubungi kami di Citylife Sehat untuk menjadwalkan sesi konsultasi Anda sekarang.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page